Monday, April 20, 2015

Penyu-penyu Sukomade Banyuwangi

Pantai Sukomade yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) merupakan salah satu dari Triengle Diomond Sopt yang wajib di kunjungi saat berada di banyuwangi. untuk mencapai pantai yang berada di daya arah dari kota banyuwangi ini memiliki keindahan tersendiri untuk menuju tempat tersebut, kita membutuhkan perjuangan yang ekstra untuk menuju sukomade yang di kenal memiliki Jungle track yang ekstrim dengan pemandangan yang sangat alami dan eksotis.

Berjarak sekitar 97 km ke arah barat daya dari Banyuwangi,Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Suasana yang tenang,hutan tropis alami Pantai sukamade menjadi tempat favorit bagi para penyu mendarat dan bertelur, tempat ini juga dikenal dengan sebutan Istana penyu bagi seluruh jenis penyu yang ada karena 4 dari 6 jenis penyu yang ada di seluruh dunia mendarat di tempat ini, Ada 4 jenis penyu yang dapat kita jumpai dari 6 penyu yang berada di Indonesia yaitu : Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Slengkrah (Lepidochelys olivaceae), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriaceae). Penyu yang sering mendarat di Pantai ini adalah penyu hijau.



Banyaknya penyu yang mendarat dan bertelur, menjadikan pantai sukamade sebagai tempat penangkaran telur penyu dan melepaskannya kembali ke habitatnya setelah tukik – tukik yang menetas siap untuk dilepaskan. selain itu wisatawan juga dapat merasakan realese tukik dan mengabadikannya. untuk dapat menyaksikan langsung penyu bertelur wisatawan dapat menunggu malam hari dengan bantuan pemandu.Sekitar pukul 19.30 pemandu akan memandu kita menemukan penyu betina yang mendarat untuk bertelur, dalam satu kali bertelur penyu – penyu ini akan mengeluarkan telur hingga ratusan dan kembali ke laut pada jam 24.00. penyu penyu betina akan sering mendarat di pantai ini pada November hingga Maret.



Ekstreamnya jalan yang dilalui, wisatawan disarankan untuk menggunakan kendaraan double Gardan (4×4) atau kendaraan sejenis off road lainnya. disepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan alam yang beragam mulai dari hamparan sawah, perkebunan karet hingga Jalur yang berlumpur dengan bebatuan terjal akan membuat andrenalin kita memuncak. yang tidak kalah asiknya kita diajak ber off road masuk kedalam lumpur dan sungai yang dalam akan memberikan pengalaman yang takkan terlupakan. demikian sekilas info eksitika yang berada di banyuwangi

Sumber : http://banyuwangitourism.com/

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.